Skip to main content

5 Wisata Kuliner Khas Surabaya yang Tak Boleh Terlewatkan



5 Wisata Kuliner Khas Surabaya yang Tak Boleh Terlewatkan
Pasti hampir sebagian diantara kamu sudah tau sama ibukota Jawa Timur yang satu ini, kan? Yup, dialah Surabaya. Nama Surabaya ini berasal dari pertempuran antara ikan sura (ikan hiu) dan baya (buaya). Makanya, jangan heran kalau kamu akan menemukan patung ikan hiu dan buaya yang sedang bertarung saat berkunjung ke sana, karena patung ini merupakan ikon kota Surabaya.
Tidak hanya terkenal dengan filosofinya, kota ini juga terkenal memiliki ragam kuliner khas yang lezat dan patut untuk dicoba. Jika Kota Solo terkenal dengan Nasi liwet, Semarang terkenal dengan Lumpia, Jogja terkenal dengan Gudeg, Bandung terkenal dengan Serabi, dan Jakarta terkenal dengan Gado-Gado, Surabaya pun juga mempunyai makanan yang tak kalah lezat dari makanan daerah di kota-kota lain. Penasaran apa saja makanannya? Simak daftarnya berikut ini.

1. Wisata kuliner khas Surabaya: rujak cingur!

makanan khas Surabaya
Image: Emak Mbolang
Rujak Cingur ini sudah dikenal di seluruh Indonesia, arena itu jangan sampai tidak mencicipi rujak ini saat berkunjung ke Surabaya. Berbeda dengan rujak pada umumya, rujak cingur ini terbilang unik karena berisikan aneka sayuran yang disiram dengan petis dan bumbu kacang, serta tambahan potongan hidung sapi atau kerbau sebagai bahan utamanya. Inilah alasannya kenapa dinamakan rujak cingur. Cingur dalam bahasa Indonesia berarti hidung. Meskipun beberapa orang akan merasa geli bahkan jijik saat mendengar namanya, namun makanan ini memiliki rasa yang sangat lezat. Tidak heran kalau banyak orang yang menyukainya.

2. Nasi Krawu

nasi krawu khas surabaya
Image: mldspot.com
Nasi Krawu asal mulanya dari Gresik, tapi saat datang ke Surabaya jangan sampai tidak mencoba masakan ini, ya! Nasi Krawu  adalah perpaduan antara nasi putih yang pulen, irisan daging sapi, semur daging, sambal, dan taburan kelapa yang menggugah selera para pecinta kuliner. Lokasi Nasi Krawu berada di jalan Manyar Kertoarjo No 27, Surabaya. Rumah makan di jalan Manyar ini terkenal enak dan lezat untuk Nasi Krawunya. Mau coba?
“Ingin mencoba makanan khas Surabaya ini langsung di kota asalnya? Yuk, segera rencanakan kunjunganmu dan beli tiket perjalanannya melalui ShopBack! Dapatkan cashback dan nikmati juga promo serba Rp 5.000 dari kami, ya! Klik di sini untuk mendapatkan promonya”

3. Sate lisidu

sate lisidu khas surabaya
Image: DiarySivika
Sate lisidu yang sudah terkenal di wilayah Surabaya ini terbuat dari daging ayam kampung yang berbentuk pipih, dengan tujuan agar bumbu kacang mudah menyerap. Bagi kamu jika ingin menyantap sate lisidu, mampirlah ke Jalan Kutai No 53, Wonokromo, Surabaya. Sama seperti sate pada umumnya, proses memasak sate ini dengan cara dibakar, tapi uniknya dari pengipasan sate lisidu ini menggunakan pengipasan dari atas dan bawah, tujuannya agar daging tetap bersih dan tidak ada arang yang menempel. Sate disajikan di sebuah tempat pemanggangan sate yang akan diletakan di meja, maka sate ini akan tetap hangat saat disantap.

4. Sate klopo

Sate Klopo Khas Surabaya
Image: Kumpulan Resep Masakan Sederhana Tradisional Nusantara
Sate Klopo ini terbuat dari daging sapi, jeroan, lemak sapi, dan daging ayam yang dilumuri dengan parutan kelapa sebelum dibakar untuk menambah cita rasa yang gurih. Lokasi Sate Klopo yang sudah tekenal di Surabaya ada di jalan Walikota Mustajab no 36, letaknya di sebelah barat dari Balai Kota Surabaya. Hanya saja, bagi kamu yang ingin mencicipi sate yang satu ini harap bersabar karena warung makan selalu ramai oleh pengunjung karena kelezatannya.

5. Tahu campur kalasan

Makanan khas Surabaya Tahu campur kalasan
Image: Pinterest
Wisata kuliner khas Surabaya selanjutnya adalah tahu campur yang juga sudah terkenal di segala penjuru Surabaya. Makanan ini terbuat dari daging sapi, perkedel singkong, tahu goreng, tauge, dan selada yang kemudian diberikan siraman bumbu petis dalam sajiannya. Lokasi warung makan ini berada di Jalan Kalasan No 22, Tambak Sari. Tenang, makanan yang satu ini dijual dengan harga terjangkau, kok! Makanya, jangan sampai lupa untuk mencicipinya, ya!
Download aplikasi messenger karya anak bangsa :
Our Social Media
#paddytalk #karyaanakbangsa #aplikasimessenger #bhinnekatunggalika

Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Teratur Bisa Perlambat Penuaan

Peneliti Temukan Fakta Mengenai Rendang

5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa