BAPER-Tech, Teknologi Pengolahan Limbah Popok Bayi Karya Mahasiswa FTP UB

BAPER-Tech, Teknologi Pengolahan Limbah Popok Bayi Karya Mahasiswa FTP UB


Popok bayi (baby diapers) merupakan salah satu kebutuhan yang akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kelahiran. Popok bayi secara umum berupa kapas dan pulp yang merupakan senyawa polimer berupa selulosa. popok bayi merupakan sampah anorganik yang memerlukan sekitar 500-800 tahun untuk hancur. Bekas popok bayi ini akan menjadi limbah padat yang termasuk sebagai limbah rumah tangga. 

Maka dari itu, timbul keprihatinan masyarakat, sehingga berdiri UKM CANTUKA KREATIF di Kota Malang. UKM CANTUKA KREATIF merupakan satu-satunya ukm di Kota Malang yang mengolah limbah popok bayi (baby diapers) menjadi aneka souvenir yang cantik dan memiliki nilai jual. Berdasarkan penjelasan Bu Yunita sebagai kader lingkungan dan pendiri UKM CANTUKA KREATIF, dalam proses pengolahan limbahnya masih dilakukan secara manual dan konvensional. Tahap pertama pengolahan limbah popok bayi yaitu dengan mencuci menggunakan detergen yang dilakukan secara manual. Selanjutnya pada tahap desinfektan sebagai  proses pembunuhan mikroorganisme pada limbah popok bayi hanya menggunakan ”byclin” sehingga proses desinfektan yang memerlukan waktu yang lama dan berbahaya apabila langsung dibuang ke badan air. Dalam setiap proses dilakukan secara bergantian sehingga tidak efektif dan efisien. 

Berdasarkan permasalahan UKM CANTUKA KREATIF tersebut, lima mahasiswa Universitas Brawijaya, Baharuddin  Yuflihun R.D.S. (TEP/2016), Ichi Fiaqi Hamada (TEP/2016), Mutia Izzati (TEP/2016), Muhammad Nur Rasyid (TEP/2017), dan Vania Naurah Sube (TEP/2017), menciptakan teknologi sterilisasi dalam pengolahan limbah popok bayi. Inovasi tersebut diberi nama BAPER-Tech yaitu Double Jacket Sterilization for Baby Diapers Waste Technology atau alat sterilisasi popok bayi menggunakan prinsip double jacket melalui metode centrifugal speed terkontrol.  Menurut Baharuddin Yuflihun R.D.S. selaku ketua tim, alat ini mampu melakukan pencucian dan sterilisasi limbah popok bayi dalam satu alat. Hal ini akan mempercepat proses pengolahan dan mempermudah ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah limbah popok bayi
Baharuddin dan tim berharap dengan adanya inovasi BAPER-Tech akan membantu UKM CANTUKA KREATIF dalam mengolah limbah popok bayi serta dapat diaplikasikan secara luas untuk pengoptimalan limbah popok bayi di Indonesia.


sumber : Good News from Indonesia



Download aplikasi messenger karya anak bangsa :
Our Social Media
#paddytalk #karyaanakbangsa #aplikasimessenger #bhinnekatunggalika #aplikasiindonesia

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Olahraga Teratur Bisa Perlambat Penuaan

Peneliti Temukan Fakta Mengenai Rendang

5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa