Ini Dia Calon Bendungan Tertinggi di Indonesia!

 Purworejo akan memiliki bendungan tertinggi di Indonesia. Bendungan Bener namanya, dan dalam janga waktu lima tahun ke depan akan diselesaikan.

Bendungan Bener nantinya akan berdimensi 159 meter untuk tingginya, dan 543 meter untuk lebarnya. Sementara lebar bawah berkisar sekitar 290 meter. Selama 60 bulan atau 5 tahun ke depan, bendungan ini dibangun di lahan seluas 590 hektare, atau setara 4.300 bidang.

Pembagiannya, 3.096 bidang masuk di wilayah Purworejo, dan sisanya masuk Kabupaten Wonosobo.

Untuk manfaatnya, air di Bendungan Bener akan digunakan untuk mengairi area irigasi seluas 15.519 hektare. Kemudian untuk suplai airnya, sebesar 1.500 liter/detik untuk Kabupaten Purworejo, Kebumen, dan Kulonprogo. Fungsi lain dari Bendungan Bener adalah PLTA yang menghasilkan daya listrik sebesar 6 megawatt (MW).

“Bendungan juga akan menjadi lokasi wisata, area perikanan dan konservasi DAS Bogowonto bagian hulu. Pembangunan ditargetkan akan dimulai akhir tahun 2018 ini, tetapi bergantung kecepatan tim pembebasan tanah,” imbuh Kepala Satker Bendungan Bener, Amos Sangka, disadur dari Detik.com.

Megaproyek Bendungan Bener sudah direncanakan sejak lama. Pada 2013 dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), dan di tahun 2015 mengambil contoh tanah di Wadas. Untuk biayanya, proyek ini membutuhkan dana tak kurang dari Rp 4 triliun.

Jika sudah selesai dibangun, Bendungan Bener akan mengalahkan Bendungan Cirata yang saat ini tertinggi di Indonesia. Terletak di Kabupaten Purwakarta, Bendungan Cirata menjulang setinggi 125 meter. Di bawahnya ada Bendungan Wadas Lintang di Kabupaten Kebumen setinggi 122 meter.

Namun Bendungan Bener belum bisa mengalahkan Bendungan Jatiluhur sebagai yang terbesar di Indonesia. Bendungan yang juga terletak di Purawakarta itu memiliki kapasitas tampungan 2.556.000.000 m3 air, sedangkan Bendungan Bener diprediksi tak sampai menampung air sebanyak itu.

Sumber: DetikFinance

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/11/08/ini-dia-calon-bendungan-tertinggi-di-indonesia



Download aplikasi messenger karya anak bangsa :


* Pengguna Android :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.paddytalk.android

* Pengguna Iphone :
https://itunes.apple.com/us/app/paddytalk/id1328200388?mt=8


Our Social Media


Facebook    :   Paddy Talk

Twitter        :   @paddytalksocmed

Path            :   Paddy Talk

Youtube      :   https://www.youtube.com/watch?v=yAWQ-B9Zewc

Pinterest     :   Paddy Talk

Linkedin      :   Paddy Talk

#paddytalk #karyaanakbangsa #aplikasimessenger #bhinnekatunggalika
#aplikasiindonesia

Comments

Popular posts from this blog

Olahraga Teratur Bisa Perlambat Penuaan

Peneliti Temukan Fakta Mengenai Rendang

5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa